Simon Satukan Halawa: Dasar-Dasar Jaringan Komputer dan Merakit Komputer

Jumat, 06 April 2012

Dasar-Dasar Jaringan Komputer dan Merakit Komputer


Jaringan…,kata ini berasal dari kata dasar jaring. Bolehlah kalianberimajinasisejenak tentang sebuah jaring. Mungkin, angan kalianmembayangkan sebuahjaring ikan, atau jaring net bulutangkis, ataubahkan jaring saranglaba-laba.
Kalau dicermati, ada hal yang menarik dari strukturpembentukjaring-jaring itu. Jaring-jaring itu, terbentuk dari rangkaiansemacambenang-benang yang saling terikat dan mengikat padasimpul-simpulnya.Bagaimana jika salah satu simpul dari jaring ituputus? Kekuatannyapasti akan berkurang. Sepertihalnya jaring-jaringtersebut, jikasekumpulan komputer-komputer, perangkat-perangkat lainmisalnyaprinter, yang terhubung membentuk satu kesatuan, maka akanterbentuklahsebuah jaringan, yang disebut jaringan komputer. Nah,melalui materiini kalian akan mengetahui pengertian, manfaat,perangkat, dantipe-tipe jaringan komputer.
Jaringankomputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputerdan perangkatjaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapaisuatu tujuanyang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
  • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
  • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
  • Akses informasi: contohnya web browsing
Agardapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringankomputermeminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang memintalayanandisebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebutpelayan(server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server,dandigunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Klasifikasi Berdasarkan skala :
  • Local Area Network (LAN)
  • Metropolitant Area Network (MAN)
  • Wide Area Network (WAN)
Berdasarkanfungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yangberfungsisebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yangmemilikikomputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkanyang lainsebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yangkhususberfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinyamaka adadua jenis jaringan komputer:
  • Client-server
Yaitujaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusussebagaiserver. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuahkomputer ataulebih. Contohnya adalah sebuah domain sepertiwww.detik.com yangdilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisajuga banyakservice/layanan yang diberikan oleh satu komputer.Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputerdengan multiservice yaitu mail server, web server, file server,database server danlainnya.
  • Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputerdimana setiap host dapat menjadi server danjuga menjadi client secarabersamaan. Contohnya dalam file sharingantar komputer di JaringanWindows Network Neighbourhood ada 5 komputer(kita beri nama A,B,C,D danE) yang memberi hak akses terhadap fileyang dimilikinya. Pada satu saatA mengakses file share dari B bernamadata_nilai.xls dan juga memberiakses file soal_uas.doc kepada C. SaatA mengakses file dari B maka Aberfungsi sebagai client dan saat Amemberi akses file kepada C maka Aberfungsi sebagai server. Keduafungsi itu dilakukan oleh A secarabersamaan maka jaringan seperti inidinamakan peer to peer.
Berdasarkan topologi jaringan : Berdasarkan [topologi jaringan], jaringan komputer dapat dibedakan atas:
  • Topologi bus
  • Topologi bintang
  • Topologi cincin
  • Topologi Pohon
selengkapnya silahkan download dasar2-jaringan atau dasar-dasar-jaringan




Pengertian LAN,WAN,MAN

Local Area Network

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolahatauyang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologiIEEE802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyaikecepatantransfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologiEthernet, saatini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal.Setiapkomputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuaidenganhak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupadata atauperangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna jugadapatberkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakanaplikasi yangsesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

WAN

WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputeryangmencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputerantarwilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan jugasebagaijaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokalyangsatu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna ataukomputer dilokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dankomputer dilokasi yang lain.

MAN

Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan,dansebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.Jangkauandari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakanjaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan,dansebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.Jangkauandari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakanjaringan yangtepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalamsatu kotaantara pabrik/instansi dan kantor


Merakit Komputer
Kali ini saya menulis tentang langkah - langkah merakitkomputer.Artikel ini sambungan dari tips Merakit Komputeryang beberapa waktu lalu sayatulis.Dalam mencari sumber yang tempatdalam beberapa hari ini saya punakhirnya menemukan sumber yang sangatcocok.
Komponenperakitkomputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas danharga.Dengan merakit sendiri komputer, kita dapat menentukan jeniskomponen,kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuaikebutuhan.Tahapan dalamperakitan komputer terdiri dari:
A. Persiapan
B. Perakitan

C. Pengujian
D. Penanganan Masalah
Persiapan
Persiapanyangbaik akan memudahkan dalam perakitan komputer sertamenghindaripermasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalampersiapan meliputi:
  1. Penentuan Konfigurasi Komputer
  2. Persiapan Kompunen dan perlengkapan
  3. Pengamanan
PenentuanKonfigurasi Komputer
Konfigurasikomputerberkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputersertabagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistemkomputer sesuaikeinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenisprosessor, motherboard,lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian ataukompatibilitas dari komponenterhadap motherboard harus diperhatikan,karena setiap jenis motherboardmendukung jenis prosessor, modul memori,port dan I/O bus yang berbeda-beda.
PersiapanKomponen dan Perlengkapan

  • Komponen komputer
  • Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
  • Alat bantu berupa obeng pipih dan philips
Software sistemoperasi, device driver dan program aplikasi.
Bukumanualdiperlukan sebagai rujukan untuk mengatahui diagram posisi darielemenkoneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumperdan switch)beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untukkomputer yang dirakit.Disketteatau CD Software diperlukan untukmenginstall Sistem Operasi, device driverdari piranti, dan programaplikasi pada komputer yang selesai dirakit.
Pengamanan
Tindakanpengamanandiperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponenolehmuatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahancairan.Pencegahankerusakan karena listrik statis dengan cara:
  • Menggunakangelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelummemegang komponen untuk membuang muatan statis.
  • Tidakmenyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaiantetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat padakomponen.

Perakitan
Tahapanproses pada perakitan komputer terdiri dari:
  1. Penyiapan motherboard
  2. Memasang Prosessor
  3. Memasang heatsink
  4. Memasang Modul Memori
  5. memasang Motherboard pada Casing
  6. Memasang Power Supply
  7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
  8. Memasang Drive
  9. Memasang card Adapter
  10. Penyelesaian Akhir
1.Penyiapan motherboard
Periksabuku manualmotherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturanCPU speed, speedmultiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Aturseting jumper sesuaipetunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapatmerusak prosessor.
2.Memasang Prosessor
Prosessorlebihmudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Caramemasangprosessor jenis socket dan slot berbeda.Jenis socket
  1. Tentukanposisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard,umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga ataulekukan.
  2. Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka.
  3. Masukkanprosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kakiprosessor dengan lubang socket. rapatkan hingga tidak terdapat celahantara prosessor dengan socket.
  4. Turunkan kembali tuas pengunci.

JenisSlot
  1. Pasangpenyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisilubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard
  2. Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak
Selipkancard prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga tepat masuk ke lubangslot.


3.Memasang Heatsink
Fungsiheatsinkadalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewatkonduksi panas dariprosessor ke heatsink.Untuk mengoptimalkanpemindahan panas maka heatsink harusdipasang rapat pada bagian atasprosessor dengan beberapa clip sebagai penahansedangkan permukaankontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.Bilaheatsinkdilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkankekonektor fan pada motherboard.
4.Memasang Modul Memori
Modulmemoriumumnya dipasang berurutan dari nomor socket terkecil. Urutanpemasangandapat dilihat dari diagram motherboard.Setiap jenis modulmemori yakni SIMM,DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukanpada sisi dan bawah padamodul.Cara memasang untuk tiap jenis modulmemori sebagai berikut.
JenisSIMM
  1. Sesuaikan posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
  2. Masukkan modul dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot
  3. Dorong hingga modul tegak pada slot, tuas pengunci pada slot akan otomatis mengunci modul.

JenisDIMM dan RIMM
Caramemasangmodul DIMM dan RIMM sama dan hanya ada satu cara sehingga tidakakanterbalik karena ada dua lekukan sebagai panduan. Perbedaanya DIMMdan RIMM padaposisi lekukan
  1. Rebahkan kait pengunci pada ujung slot
  2. sesuaikan posisi lekukan pada konektor modul dengan tonjolan pada slot. lalu masukkan modul ke slot.
  3. Kait pengunci secara otomatis mengunci modul pada slot bila modul sudah tepat terpasang.
5.Memasang Motherboard pada Casing
Motherboarddipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan (standoff). Cara pemasangannyasebagai berikut:
  1. Tentukanposisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untukdudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
  2. Pasangdudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiaplubang dudukan yang sesuai pada motherboard.
  3. Tempatkanmotherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubangpada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
  4. Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.
  5. Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.
6.Memasang Power Supply
Beberapajenis casing sudah dilengkapi power supply. Bila power supply belum disertakanmaka cara pemasangannya sebagai berikut:
  1. Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing. Pasang ke empat buah sekerup pengunci.
  2. HUbungkankonektor power dari power supply ke motherboard. Konektor power jenisATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik.Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka kabel-kabelground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagiantengah dari konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan,jika memakai fan untuk pendingin CPU.

7.Memasang Kabel Motherboard dan Casing
Setelahmotherboard terpasang di casing langkah selanjutnya adalah memasang kabel I/Opada motherboard dan panel dengan casing.
  1. Pasang kabel data untuk floppy drive pada konektor pengontrol floppy di motherboard
  2. Pasang kabel IDE untuk pada konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
  3. Untukmotherboard non ATX. Pasang kabel port serial dan pararel pada konektordi motherboard. Perhatikan posisi pin 1 untuk memasang.
  4. Padabagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahanjenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang portlalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerupkembali.
  5. Bilaport mouse belum tersedia di belakang casing maka card konektor mouseharus dipasang lalu dihubungkan dengan konektor mouse pada motherboard.
  6. Hubungankabel konektor dari switch di panel depan casing, LED, speaker internaldan port yang terpasang di depan casing bila ada ke motherboard.Periksa diagram motherboard untuk mencari lokasi konektor yang tepat.

8.Memasang Drive
Prosedurmemasang drive hardisk, floppy, CD ROM, CD-RW atau DVD adalah sama sebagaiberikut:
  1. Copot pelet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing)
  2. Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive.
  3. Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup penahan drive.
  4. Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu)
  5. Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan drive.
  6. Bilakabel IDE terhubung ke du drive pastikan perbedaan seting jumperkeduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagaislave.
  7. Konektor IDE secondary pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
  8. Floppy drive dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard
Sambungkan kabelpower dari catu daya ke masing-masing drive.
9.Memasang Card Adapter
Cardadapteryang umum dipasang adalah video card, sound, network, modem danSCSIadapter. Video card umumnya harus dipasang dan diinstall sebelumcard adapterlainnya. Cara memasang adapter:
  1. Pegangcard adapter pada tepi, hindari menyentuh komponen atau rangkaianelektronik. Tekan card hingga konektor tepat masuk pada slot ekspansidi motherboard
  2. Pasang sekerup penahan card ke casing
  3. Hubungkan kembali kabel internal pada card, bila ada.

10.Penyelessaian Akhir
  1. Pasang penutup casing dengan menggeser
  2. sambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding.
  3. Pasang konektor monitor ke port video card.
  4. Pasang konektor kabel telepon ke port modem bila ada.
  5. Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse atau poert serial (tergantung jenis mouse).
  6. Hubungkanpiranti eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan microphonebila ada ke port yang sesuai. Periksa manual dari card adapter untukmemastikan lokasi port.

Pengujian
Komputeryangbaru selesai dirakit dapat diuji dengan menjalankan program setupBIOS.Cara melakukan pengujian dengan program BIOS sebagai berikut:
  1. Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
  2. ProgramFOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasangdikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong danspeaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasikesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasikesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
  3. Jikatidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dariprogram POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untukmasuk ke program setup BIOS.
  4. Periksasemua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa setingmungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan bootsequence.
  5. Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.
Setelahkeluardari setup BIOS, komputer akan meload Sistem OPerasi denganurutanpencarian sesuai seting boot sequence pada BIOS. Masukkandiskette atau CDBootable yang berisi sistem operasi pada drivepencarian.
PenangananMasalah
Permasalahanyang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:
  1. Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau kabel daya belum terhubung.
  2. Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke slot/
LEDdarihardisk, floppy atau CD menyala terus disebabkan kesalahanpemasangankabel konektor atau ada pin yang belum pas terhubung. SelamatMencoba danSemoga Bermanfaat.Semoga tidak kesetrum

     Gamabr. CPU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar