Simon Satukan Halawa: Cara Merubah Nama Processor Pada Komputer

Jumat, 06 April 2012

Cara Merubah Nama Processor Pada Komputer

Cara Merubah Nama Processor Pada KomputerReviewed by Jacketcyber on Aug 13.Rating:
Cara Merubah Nama Processor Pada Komputer Cara Merubah Nama Processor Pada KomputerCara Pada Komputer – Banyak cara bagi para pengguna komputer untuk Pada Komputer mereka masing – masing.Apa tujuan mereka sebenarnya dengan Merubah Nama Processor Pada Komputermerekatersebut ?? Sebenarnya tujuan mereka hanyalah untuk bergaya –gaya sajapada teman mereka.Pada kesempatan kali ini,saya akanmemberitahukanbagaimana Cara Merubah Nama Processor Pada Komputer.
Baiklah,tidak usah panjang lebar dengan basa – basi yang tidak ada gunanya.Mari kita lihat bagaimana sebenarnya teman – teman semuanya ?? Untuk Merubah Nama Processor Pada Komputer caranya tidak begitu susah,saya akan sedikit memberikan cara untuk Merubah Nama Processor Pada Komputer teman – teman.
Bagaimanakah caranya ?? Saya akan jelaskan secara perlahan.

  • Buka registry Anda, dengan mengklik [Start].
  • Pilih [Run].
  • Ketikkan [Regedit], klik [Ok].
  • Setelahregistry terbuka, masukklah ke subkey:[HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\DESCRIPTION\System\CentralProcessor]atau[HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\DESCRIPTION\System\CentralProcessor\1],yangmanapun juga bisa.
  • Setelah Anda masuk ke sub key tersebut carilah [ProcessorNameString].
  • Setelah Anda temukan silahkan double klik.
  • Maka akan terbuka jendela [Edit String].
  • Pada [Value Data] masukkanlah nama processor yang Anda inginkan.
  • Setelah selesai klik [Ok] dan Tutup jendela registry Anda.
Untuk melihat hasilnya apakah nama processor sudah berubah atau belum,teman – teman tinggal melakukan cara seperti ini :
  • klik kanan pada icon [My Computer],
  • setelah itu klik [Properties].
  • Anda akan melihat nama processor Anda telah berubah pada tab [General] bagian [Computer].
Namunmanipulasiini hanya bisa dilihat di properties My Computer dan tidakbisa dilihatdi menu [Run] >> [dxdiag].Jadi,untuk bergaya denganteman – temanjangan menggunakan dxdiag ya.Mungkin sekian dulu sedikitinformasisederhana untuk teman – teman mengenai bagaimana Cara Merubah Nama Processor Pada Komputer.

Lompat Batu-Nias Selatan

Lompat Batu
Nias Selatan sangat terkenal akan budaya tradisional, para leluhur Nias sangat menghormati budaya bahkan dari generasi ke generasi ini bisaterbukti denganmasih merekatnya unsur budaya  seperti lompat batu ini.Lompat batu, kitadapat menjumpai hampir setiap desa di Kabupaten Nias Selatan khususnya diKecamatan Fanayama, Maniamolo, Toma, Mazono danTelukdalam.Beberapa desa budayayang terkenal seperti : Bawomataluo,Hilisimaetano, Hilianawalo Fau,Bawogosali, Hiliamaetaniha,Botohilitano, Hilinawalo Mazino .  Stone Jumping (lompat batu) telahmenjadi rutinitas atraksi khususnya bagi wisatawan setiap kali berkunjung ke desa ini bila ada permintaan dari pengunjung.
Susunanbatutegak berdiri setinggi 2 meter merupakan sarana latihan melompatbagiprajurit desa di masa lalu. Dengan memiliki kemampuan melompatisusunan batutersebut berarti dianggap mampu, mapan, berani, pantangmundur menorobosbenteng pertahanan musuh. perkembangan zaman telahmengubah fungsi lompat batumenjadi sekedar olahraga tradisionalsekaligus sebagai daya tarik khususnyabagi wisatawan mancanegara danwisatawan domestik.
Kabupaten Nias Selatanadalah salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang terletak dipulau Nias. Dengan Ibukota Teluk Dalam . Kabupaten Nias Selatan memiliki andalan pariwisata tersendiri selain Rumah adat dan Tari perangyaitu Tradisi Lompat Batu atau Fahombo yaitu tradisi yang dilakukan olehseorang pria yangmengenakan pakaian adat setempat Nias dan meloncatisusunan batu yang disusunsetinggi lebih dari 2 (dua) meter. Lompat batuini hanya terdapat di kecamatanTeluk Dalam saja.
Kononajangtersebut diciptakan sebagai ajang menguji fisik dan mental pararemajapria di Nias menjelang usia dewasa. Setiap lelaki dewasa yangikut perang wajiblulus ritual lompat batu. Batu yang harus dilompatiberupa bangunan mirip tugupiramida dengan permukaan bagian atas datar.Tingginya tak kurang 2 (dua) meterdengan lebar 90 centimeter (cm) danpanjang 60 cm. Para pelompat tidak hanyasekedar harus melintasitumpukan batu tersebut, tapi ia juga harus memilikitekhnik seperti saatmendarat, karena jika dia mendarat dengan posisi yangsalah dapatmenyebabkan cedera otot atau patah tulang.
Jikaseorangputra dari satu keluarga sudah dapat melewati batu yang telahdisusunberdempet itu dengan cara melompatinya, hal ini merupakan satukebanggaan bagiorangtua dan kerabat lainnya bahkan seluruh masyarakatdesa pada umumnya.Itulah sebabnya setelah anak laki-laki mereka sanggupmelewati, maka diadakanacara syukuran sederhana dengan menyembelih ayamatau hewan lainnya. Bahkan adajuga bangsawan yang menjamu para pemudadesanya karena dapat melompat batudengan sempurna untuk pertamakalinya. Para pemuda ini kelak akan menjadipemuda pembela kampungnyajika ada konflik dengan warga desa lain.
Melihatkemampuanseorang pemuda yang dapat melompat batu dengan sempurna, makaiadianggap telah dewasa dan matang secara fisik. Karena itu hak dankewajibansosialnya sebagai orang dewasa sudah bisa dijalankan.Misalnya: menikah,membela kampungnya atau ikut menyerbu desa musuh dsb.Salah satu cara untukmengukur kedewasaan dan kematangan seorang lelakiadalah dengan melihatkemampuan motorik di atas batu susun setinggi ! 2meter.
Dahulu,melompatbatu merupakan kebutuhan dan persiapan untuk mempertahankan diridanmembela nama kampung. Banyak penyebab konflik dan perang antarkampung.Misalnya: Masalah perbatasan tanah, perempuan dan sengketalainnya. Hal inimengundang desa yang satu menyerang desa yang lain,sehingga para prajurit yangikut dalam penyerangan, harus memilikiketangkasan melompat untuk menyelamatkandiri. Akan tetapi dahulu,ketika tradisi berburu kepala manusia masihdijalankan, peperangan antarkampung juga sangat sering terjadi. Ketika parapemburu kepala manusiadikejar atau melarikan diri, maka mereka harus mampumelompat pagar ataubenteng desa sasaran yang telah dibangun dari batu ataubambu atau daripohon supaya tidak terperangkap di daerah musuh.
Ketangkasanmelompatdibutuhkan karena dahulu setiap desa telah dipagar atau telahmembuatbenteng pertahanan yang dibuat dari batu, bambu atau bahan lainyang sulitdilewati oleh musuh. Para pemuda yang kembali dengan suksesdalam misipenyerangan desa lain, akan menjadi pahlawan di desanya.
Sekarangini, sisa dari tradisi lamaitu, telah menjadi atraksi pariwisata yangspektakuler, tiada duanya di dunia.Berbagai aksi dan gaya para pelompatketika sedang mengudara. Ada yang beranimenarik pedang, dan ada jugayang menjepit pedangnya dengan gigi. Parawisatawan tidak puas rasanyakalau belum menyaksikan atraksi ini. Itu jugamakanya, para pemuda desadi daerah tujuan wisata telah menjadikan kegiatan dantradisi inimenjadi aktivitas komersial. Di satu sisi, mereka meminta danbahkan adayang setengah memaksa wisatawan untuk menyaksikan atraksi ini, namundisisi lain mereka tidak mau melompat tanpa dibayar. Bahkan ada jugayangmeminta sampai Rp 100.000 hingga Rp 200.000 sekali melompat,tergantungbargaining. Para pelompat telah mempunyai kelompok danjaringan supaya tidakmenjual murah.
Sekarangini harganya berkisar Rp50.000 sekali melompat. Namun kalau wisatawantidak menunjukkan minat danmenolaknya, para pelompat pun akhirnya dapatmenerima harga yang lebih murah.Dari pada tidak dapat uang, lebih bagusmelompat saja.
Tradisilompatbatu yang telah menjadi atraksi pariwisata yang spektakuler danmampumembuat Nias dikenal oleh suku bangsa lain, kelihatannya sudahkurang digemarioleh generasi baru karena tingkat kesulitan untukmenguasainya. Selain itu,atraksi lompat batu juga sudah berubah fungsi.Di daerah-daerah tujuan wisata,para pemuda baru mau melompat, kalaubayarannya sesuai. Sudah tidak ada lagiolah raga melompat batu yanggratis. Yang ada adalah lompat batu komersil. Karenaitu, dikuatirkan,jika turisme mati, maka tradisi lompat batu akan punah.
JikaLompatbatu punah, rumah adat rusak, megalit hilang dan dijual, burung BeoNiaspunah, nilai-nilai budaya masyarakat sebagai kontol sosial yangluhur mati, apalagi yang menjadi daya tarik Nias? Apa lagi keunikannya?Semuanya hanya akanmenjadi kenangan masa lalu yang sulit diulangkembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar