Simon Satukan Halawa: Jenis-Jenis Media Transmisi Jaringan

Jumat, 06 April 2012

Jenis-Jenis Media Transmisi Jaringan

Media transmisi adalahmedia yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi dari suatutempat ke tempat lain. Dalam jaringan, semua media yang dapatmenyalurkan gelombang listrik atau elektromagnetik atau cahaya dapatdipakal sebagai media pengirim, baik untuk pengiriman dan penerimaandata. Pilihan media transmisi (pengirim) untuk keperluan komunikasi data tergantung pada beberapa faktor, seperti harga, performance jaringan yang dikehendaki, ada atau ada tidaknya medium tersebut.


Copper Media
Copper media merupakansemua media transmisi data yang terbuat dari bahan tembaga. Orangbiasanya menyebut dengan nama kabel. Data yang dikirim melalui kabel,bentuknya adalah sinyal listrik (tegangan atau arus) digital.
Jenis-jenis kabel yang dipakai sebagai transmisi data pada jaringan :
1. Koaksial
2. STP
3. UTP
Kabel Coaxial

Kabel ini sering digunakan sebagai kabel antena TV. Disebut jugasebagai kabel BNC (Bayonet Naur Connector). Kabel ini merupakan kabelyang paling banyak digunakan pada LAN, karena memiliki perlindunganterhadap derau yang lebih tinggi, murah, dan mampu mengirimkan datadengan kecepatan standar .Ada 2 jenis yaitu RG-58 (10Base2) dan RG-8 (10Base5 ). Ada 3 jenis konektor pada kabel Coaxial, yaitu T konektor, I konektor (socket) dan BNC konektor.Keuntungan menggunakan kabel koaksial adalah lebih murah dari padakabel fiber optic dan jarak jangkauannya cukup jauh dari kabel jenisUTP/STP yang menggunakan repeater sebagai penguatnya. Kekurangannyaadalah susah pada saat instalasi, baik installasi konektor maupunkabel. Untuk saat ini kabel koaksial sudah tidak direkomendasikan lagiintuk instalasi jaringan.

Twisted Pair
Twisted Pair terdiri dari 2 jenis :
Unshielded Twisted Pair (UTP)
Shielded Twisted Pair (STP)
Kabel ini terdiri dari 4 pasang kabel yang dipilin (twisted pair), instalasinya mudah, harganya relatif murah dan cukup handal.

Shielded Twisted Pair
Keuntungan menggunakan kabel STP adalah lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baikdari dari dalam maupun dari luar. Kekurangannya adalah mahal, susahpada saat instalasi (terutama masalah grounding), dan jarakjangkauannya hanya 100m .

Unshielded Twisted Pair
Keuntungan menggunakan kabel UTP adalah murah dan mudah diinstalasi.Kekurangannya adalah rentan terhadap interferensi gelombangelektromagnetik, dan jarak jangkauannya hanya 100m.
Ada beberapa kategori untuk kabel Twisted Pair, yaitu :
Kategori 1 (Cat-1).
Umumnya menggunakan konduktor padat standar AWG sebanyak 22 atau 24pin dengan range impedansi yang lebar. Digunakan pada koneksi telepondan tidak direkomendasikan untuk transmisi data.
Kategori 2 (Cat-2).
Range impedansi yang lebar, sering digunakan pada sistem PBX dansistem Alarm. Transmisi data ISDN menggunakan kabel kategori 2, denganbandwidth maksimum 1 MBps.
Kategori 3 (Cat-3).
Sering disebut kabel voice grade, menggunakan konduktor padatsebanyak 22 atau 24 pin dengan impedansi 100 Ω dan berfungsi hingga 16MBps. Dapat digunakan untuk jaringan 10BaseT dan Token Ring denganbandwidth 4 Mbps.
Kategori 4 (Cat-4).
Seperti kategori 3 dengan bandwidth 20 MBps, diterapkan pada jaringan Token Ring dengan bandwidth 16 Mbps.
Kategori 5 (Cat-5).
Merupakan kabel Twisted Pair terbaik (data grade) dengan bandwidth 100 Mbps dan jangkauan transmisi maksimum 100 m.
postingan terkait : http://muhartin.wordpress.com/2009/03/13/mengenal-jenis-kabel-twisted-pair-shielded-dan-unshielded/
Optical Media

Bagan fiber optic

alur multimode dan single mode
Ada tiga jenis kabel fiber optic yang biasanya digunakan, yaitu single mode, multi mode dan plastic optical fiber yang berfungsi sebagai petunjuk cahaya dari ujung kabel ke ujung kabel lainnya. Dari transmitter receiver, yang mengubah pulsa elektronik ke cahaya dan sebaliknya, dalam bentuk light-emitting diode ataupun laser. Kabel fiber optic single mode merupakan fiber glass tunggaldengan diameter 8.3 sampai 10 mikrometer, memiliki satu jenis transmisiyang dapat mengantarkan data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggiuntuk jarak jauh, dan membutuhkan sumber cahaya dengan lebar spektrumyang lebih kecil. Kemampuan kabel jenis single mode dalam mengantarkan transmisi adalah 50 kali lebih cepat dari kabel jenis multimode, karena memiliki core yang lebih kecil sehingga dapat menghilangkan setiap distorsi dan pulsa cahaya yang tumpang t indih. Kabel fiber optic multimode terbuat dari fiberglass dengandiameter lebih besar, yaitu 50 sampai dengan 100 mikrometer yang dapatmengantarkan data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi untukjarak menengah. Apabila jarak yang ditempuh lebih dari 3000 kaki, akanterjadi distorsi sinyal pada sisi penerima yang mengakibatkan transmisidata menjadi tidak akurat. Sedang plastic optical fiber adalah kabel berbasis plastik terbaru yang menjamin tingkat performa yang sama dengan fiber glass dalam jarak pendek dengan biaya yang jauh lebih murah. Saat ini, fiber optic telah digunakan sebagai standar kabel data dalam biding physical layer telekomunikasi atau jaringan, seperti perangkat TV kabel, juga sistem keamanan yang menggunakan Closed Circuit Television (CCTV),dan lain sebagainya Bahan dasar dari optical media adalah kaca denganukuran yang sangat kecil (skala mikron).Biasanya dikenal dengan nama fibre optic (serat optic).Data yang dilewatkan pada medium ini dalam bentuk cahaya (laser atau inframerah).
Satu buah kabel fibre optic terdiri atas dua fiber,satu berfungsi untuk Transmit (Tx) dan satunya untuk Receive (Rx) sehingga komunikasi dengan fibre optic bisa terjadi dua arah secara bersama-sama (full duplex).
Wireless Network

wireless access point
Saat ini sudah banyak digunakan jaringan tanpa kabel (wireless network),transmisi data menggunakan sinar infra merah atau gelombang mikro untukmenghantarkan data. Walaupun kedengarannya praktis, namun kendala yangdihadapi disini adalah masalah jarak,bandwidth, dan mahalnya biaya.Namun demikian untuk kebutuhan LAN di dalam gedung, saat ini sudahdikembangkan teknologi wireless untuk Active Hub (Wireless Access Point) dan Wireless LAN Card (pengganti NIC), sehingga bisa mengurangi semrawutnya kabel transmisi data pada jaringan komputer. Wireless Access Point juga bisa digabungkan (up-link) dengan ActiveHub dari jaringan yang sudah ada.
Media transmisi wireless menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi. Biasanya gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 2.4 Ghz dan 5 Ghz. Data-data digital yang dikirim melalui wireless ini akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik ini.

 

Sejarah Sistem Telekomunikasi

        Telekomunikasi menurut sejarahnya berasal dari dua suku kata yaitu(tele = jarak jauh) dan (communicara =berita atau informasi). Sejarahdari dari telekomunikasi diawali dengan menggunakan asap dan drumssebagai sinyalnya dan ini terjadi di Africa, Amerika dan bagian dariAsia. Pada tahun 1790 pertama kali system semaphore dibangung.
        
        Semaphoreatau disebut juga telegraf optis adalah suatu alat yang digunakan untukmenyampaikan informasi dengan menggunakan sinyal visual melalui menara.Pada awalnya dibangun semaphore ini adalah dengan sebuah menara dengankicir berporos, penutup, matriks tau dengan menggunakan bendera yangdikendalikan okeh manusia. Informasi disandikan dengan posisi elemmekanis yang dibaca sewaktu kincir atau bendera berapa pada posisitetap.

Semaphore muncul lebih dulu disbanding telegraf elektris. Semaforlebih cepat daripada penunggang kuda untuk menyampaikan pesan jarakjauh, tapi jauh lebih mahal dan lebih terbuka dibandingkan salurantelegraf elektris yang kelak akan menggantikan mereka. Jarak yang dapatditangani oleh telegraf optis dibatasi oleh geografis dan cuaca,sehingga dalam penggunaan praktis, kebanyakan telegraf optismenggunakan barisan stasiun relay untuk mengatasi jarak yang lebih jauh.
Akantetapi tidak sampai pada tahun 1930 an system telekomunikasi secaraelektronik mulai kelihatan. Berikut inilah sejarah telekomunikasi padatahun 1930 an sampai pada tahun 1990 an :
1830's Gauss and Weber mengembangkan telegraph system dengan skala yang kecil di Gottingen (tele=jarak jauh, graph=tulisan)
1840 Samuel Morse patents  practical telegraph
1844 Morse  mulai membangun jaringan telegraph hingga 40-mile antara Washington, DC, dan Baltimore
1876Alexander Graham Bell and Thomas A. Watson mendemonstrasikan danmempatentkan telephone demonstrate (tele=jarak jauh, phone=bicara)
1878 Bell forms the Bell Telephone Company and establishes pertama kali membuat office switching di New Haven, CT
1878 Thomas Watson mengajukan patent untuk pertama kali mengenai telephone ringer
1881 John Carty, a Bell engineer,  menemukan two-wire local loop
1887 Heinrich Hertz orang pertama kali membuat gelombang radio
1887 Charles Vernon Boys menjelaskan mengenai konsep dari pemandu cahaya yang melalui fiber glass atau serat optic
1890Jaringan telepon yang terdiri atas switching offices dan kabel menujuke pelanggan (balanced, insulated, twiated pair) dengan menggunakankoneksi untuk jarak jauh antara switching office dan pelanggan
1896 Guglielmo Marconi mengembangkan untuk pertama kali telegraph system dengan menggunakan wireless atau nirkabael
1926 Untuk pertama kalinya public crossbar switch exchange dibuka di Sweden
1927 Untuk pertama kalinya layanan radio telephone secara komersial dioperasikan diantara Inggris dan United State
1939Pulse code modulation (PCM) ditemukan, yamg kemudian menjadi dasaruntuk pengiriman (transmisi) suara atau voice secara digital
1940's Untuk pertama kalinua pengguanan crossbar exchanges yang menjadi popular di US
1946 Untuk pertama kalinya mobil dengan menggunakan telephone bergerak (mobile) yang dibangun di St. Louis, dengan menggunakan teknologi “Push to Talk”.
1946The L1-carrier system installed to support 1800 telephone circuitsusing frequency division multiplexing over 3 pairs of coax cables
1948Claude Shannon mempublikasikan dua teori mengenai teori informasi yaitudiantaranya yang berisi mengenai dasar untuk kompresi data (SourceEncoding), dan error detection dan correction (channel coding)
1950 TD-2,  adalahyang pertaman kalu menggunakan system telekomunikasi dengan terrestrialmicrowave, dan pada saat di install dapat melayani atau mensupport 2400line telephone circuits
1950'sPada akhir decade ini beberapa layanan mobile system dengan “push totalk” didirikan di kota-kota besar untuk CB (Citizen’s band ) radio,taxi, kepolisian, dan sebagainya  
1950's Pada akhir decade ini untuk pertama kalinya paging access control equipment (PACE) yaitu paging system mulai didirikan.
1986 Dengan menggunakan fiber optic maka attenuation atau pelemahan mencapai 0.154 dB/Km hingga 0,13 dB/Km  1980's Pada pertengahan decade ini, 565 Mbps dengan system fiber optic digunakan untuk PSN (Public Switched Network)
1989 CCITT mempublikasian SONET standards G.707, G.708, G.709
1980'sPada akhir decade ini Local Area Network (LAN)Late in the decade, LocalArea Networks (LANs) mulai muncul dan sangan efektif dalam melakukantransfer data antara group dalam local komputer
1980'sPada akhir decade ini AT&T menggati semua analog multiplexingdengan digtal multiplexing. MCI mulai dikenalkan pada awal tahun 1990 an
1990Motorola files FCC mengajukan ijin aplikasi untuk meluncurkan 77(Revised down hingga 66) untuk komunikasi satelit LEO (Low Earth Orbit)yang sekarang dikenal dengan Iridium Sistem (77 merupan unsur Iridium)
1992 Bell Labs mendemonstrasikan 5-Gbps transmisi melalui jaringan optical sepanjang 15.000 Km dan 10 Gbps sepanjang 11.000Km
1992 Satu juta host telah dihubungkan ke internet dan jumlahnya akan menjadi sekitar dua klai dalam setiap tahun
1993Internet Protocol version 4 (IPv4) ditetapkan untuk biasa digunakandalam tarnsmisi data melalui jaringan internet yang dihubungkan denganTransport Control Protocol (TCP)
1993Asymmetric Digital Subscriber Lines (ADSL) standardized digunakan dalamteknik discrete multi tone untuk mendapatkan layanan yang lebih tinggiyang disedikan dalam rencana pada old telephone service (POTS)
1994-5 FCC licenses the Personal Communication Services (PCS) dengan  spectrum (1.7 to 2.3 GHz)  dengan harga $7.7B
1996 1000BASE-T standardization mulai untuk 1 Gbps ethernet, dan diharapkan dapat digunakan pada tahun 1999
1997 75% pada sekolah dasar and 90%Sekolah menengah di US telah menggunakan akses internet. 25% dan 30% kelas dalam sekolah dasar telah menggunakan akses internet
1998Sprint Corp Mengumumkan bahwa akan dengan menggunakan packet switchingnetwork dalam pengiriman suara, data, dan video akan memperoleh banyakkeuntungan
1998Ericsson, IBM, Intel, Nokia, and Toshiba mengumumkan mereka akanbergabung untuk mengembangkan Bluethoot yang akan digunakan untukpertukaran data melalui jaringan wireless antara computer atau cellphone
1990'sPada akhir decade ini, modem 56 Kbps untuk komunikasi dengan kecepatantinggi melalui jaringan telepon standart sudah dapat digunakan
1990's Pada akhir decade ini, Virtual Private Networks (VPNs) dengan basis atau dasar L2TP dan IPsec sudah bisa didapatkan
1990'sPada akhir decade, mulai mengimplentasikan koneksivitas dengan vBNS(very-high-performance Backbone Network Service) untuk next generationInternet dengan menggunakan IP melalui ATM pada infrastruktur SONET622.08 Mbps
1990's Pada akhir decade ini juga dikembangkan Desktop Video Teleconferencing (VTC)
1990'sPada akhir decade ini cable modem mulai luar biasa dibangun untukkoneksi ke kabel televisi yang masih terus berkembang hingga saat ini.

1 komentar: